logo

.

Login Form




Dengue Fever PDF
Written by Administrator   
Tuesday, 03 June 2014 11:22

Pada pergantian musim, wajib diwaspadai beberapa penyakit musiman salah satunya adalah penyakit Demam Berdarah. Dengue Fever atau Penyakit Demam Berdarah atau yang lebih dikenal sebagai Demam Berdarah Darah dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak sampai dewasa. Demam dengue juga disebut sebagai "breakbone fever" atau "bonebreak fever" (demam sendi), karena demam tersebut dapat menyebabkan penderitanya mengalami nyeri hebat seakan-akan tulang mereka patah. Demam berdarah ditularkan melalui gigitan nyamuk aides aegepty. Setelah virus masuk ke dalam darah, selanjutnya ia akan memproduksi semacam zat yang mampu melemahkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh si penderita. Jika sudah demikian, kadar trombosit (sel darah merah) dan haemoglobin akan berkurang dratis dan berpotensi mengakibatkan kematian.
Tanda-tanda orang terjangkit demam berdarah :

  1. Demam, suhu 39o -40oC
  2. Sakit kepala yang hebat
  3. Pening di sekitar mata
  4. Rasa nyeri dan ngilu di sekitar otot dan persendian
  5. Keinginan untuk muntah yang frekuentatif
  6. bintik-bintik merah pada seluruh tubuh (tetapi tidak selalu)
  7. Manifestasi perdarahan
Pada sejumlah pasien, demam dengue dapat berubah menjadi satu dari dua bentuk yang mengancam jiwa. Yang pertama adalah demam berdarah, yang menyebabkan pendarahan, kebocoran pembuluh darah (saluran yang mengalirkan darah), dan rendahnya tingkat trombosit darah (yang menyebabkan darah membeku). Yang kedua adalah sindrom shock dengue, yang menyebabkan tekanan darah rendah yang berbahaya sehingga harus dirawat dengan intensif.
Tingkat kematian yang disebabkan oleh Demam Dengue sangat rendah dan penyakit ini segera membaik di minggu kedua, namun pemulihan kesehatan bisa lebih lama. Pada Demam Berdarah tanpa perawatan medis, tingkat kematian adalah 10% atau lebih tinggi, namun dengan terapi pendukung, tingkat kematian kurang dari 1%.

Jika anda mencurigai Demam Dengue sebagai penyebab demam, yang penting di lakukan adalah:
  1. Minum cairan yang cukup seperti air, jus atau sup
  2. Istirahat total
  3. Jangan minum obat yang mengandung asam asetilsalisilat (seperti Aspirin) dan obat anti inflamasi non-steroid (seperti Ibuprofen).
Faktor resiko Demam Dengue
  1. Strain Virus
  2. Adanya antibodi anti dengue sebelumnya
    • Infeksi sebelumnya
    • Antibodi maternal pada bayi
  3. Genetik Host
  4. Usia
  5. Resiko tinggi pada infeksi sekunder
  6. Resiko tinggi pada daerah hyperendemic transmission
Hipotesis Demam Berdarah Dengue
  1. Orang yang terinfeksi dengue akan terbentuk antibodi dalam serum yang akan menetralisir virus dengue dengan serotipe yang sama (homologous)
  2. Pada infeksi berikutnya, adanya antibodi heterologous membentuk kompleks dengan virus yang baru, tetapi tidak menetralisir virus yang baru
  3. Antibody-dependent enhancement adalah proses dimana virus dengan strain tertentu membentuk antibodi non netralisir dapat masuk sel mononuklear dan menyebabkan virus bereplikasi
  4. Monosit yang terinfeksi akan melepaskan zat mediator menyebabkan kenaikan permeabilitas vaskuler dan menifestasi perdarahan yang merupakan karakteristik dari DBD dan DSS.
Upaya pemberantasan meliputi :
  1. Pencegahan, yang dikenal dengan gerakan 3 M , yaitu :
    • Menguras tempat penampungan air secara teratur sekurang-kurangnya seminggu sekali atau menaburkan bubuk abate kedalamnya.
    • Menutup rapat-rapat tempat penampungan air
    • Mengubur/menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan; seperti kaleng bekas , plastik, dll
  2. Pemberantasan vektor /nyamuk ; penyemprotan / fogging fokus pada lokasi ditemui kasus
  3. Kunjungan ke ruamh-rumah untuk pemantauan jentik dan abatisasi
Demam Dengue bisa menjadi situasi medis gawat dan gejala-gejalanya hampir sama dengan penyakit lainnya. Konsultasikanlah segera ke dokter untuk memperoleh informasi lebih jauh dan perawatan medis.

 

Oleh : dr. Muntaqinah, Sp.PD

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:
Customer Service RS Happy Land:       0274-550060 / 0274-550062

 
bottom

Happy Land Medical Centre 2009 Allright reserved | Admin | Contact us | Sitemap | Design by petakumpet and epinline Language:
OFFICE Jl. Ipda Tut Harsono No 53 Timoho, Yogyakarta
Telp. 0274-550060, 550058 Fax. 0274-550061 E-mail : mkthlmc@yahoo.com


Site Meter