logo

.

Login Form




Tuberkulosis Pada Anak PDF
Written by Administrator   
Tuesday, 06 May 2014 11:22

Tuberkulosis (TB atau TBC) pada anak memang berbeda dengan TB pada orang dewasa. TB pada anak menginfeksi primer di parenkim paru yang tidak menyebabkan refleks batuk, sehingga jarang ditemukan gejala khas TB seperti batuk berdahak.

Pada parenkim paru ini juga kuman cenderung lebih sedikit, maka TB tidak menular antara sesama anak. TB sangat mudah menular dari orang tua ke anak, tapi TB tidak menular dari anak ke anak.

TBC adalah penyakit serius yang gampang menular secara langsung melalui udara. Anak-anak dengan kekebalan tubuh buruk paling rentan tertular TB dari orang dewasa yang positif TB. Tapi TB tidak menular sesama anak.

Gejala TB pada anak lebih susah didiagnosis karena bukan merupakan gejala khas TB. Pada anak jarang ditemukan gejala batuk berdahak seperti yang diderita pada orang dewasa. Dan seringkali terjadi salah diagnosa, karena gejala yang dialami bisa juga merupakan gejala penyakit lain.

 

Tuberkulosis adalah penyakit yang diakibat oleh infeksi kuman Mycobakterium tuberculosis yang bersifat sistemik sehingga dapat mengenai hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer.

Penularan TBC terjadi karena menghirup udara yang mengandung Mycobakterium tuberculosis (M.Tb). yang dilepaskan pada saat penderita TBC batuk, dan pada anak-anak sumber infeksi umumnya berasal dari penderita TBC dewasa. Bakteri ini bila sering masuk dan terkumpul di dalam paru-paru akan berkembang biak menjadi banyak (terutama pada orang dengan daya tahan tubuh yang rendah), dan dapat menyebar melalui pembuluh darah atau kelenjar getah bening. Oleh sebab itulah infeksi TBC dapat menginfeksi hampir seluruh organ tubuh seperti: paru-paru, otak, ginjal, saluran pencernaan, tulang, kelenjar getah bening, dan lain-lain, meskipun demikian organ tubuh yang paling sering terkena adalah paru-paru.

Tb pada anak sulit untuk dideteksi. Untuk memastikan anak terinfeksi oleh kuman Tb adalah melalui uji Tuberkulin (tes Mantoux). Selain itu perhatikan tanda-tanda seperti berikut:

  • Mempunyai sejarah kontak erat (serumah) dengan penderita Tb dengan sputum BTA (+)
  • Terdapat reaksi kemerahan cepat setelah penyuntikan BCG dalam 3-7 hari.
  • Terdapat gejala umum

 

TB pada anak dapat ditandai dengan gejala-gejala berikut

1.    Gejala umum/tidak spesifik

a.    Berat badan turun atau malnutrisi tanpa sebab yang jelas atau tidak naik dalam 1 bulan dengan penanganan gizi.

b.    Nafsu makan tidak ada (anoreksia) dengan gagal tumbuh dan berat badan tidak naik secara adekuat.

c.    Demam lama/berulang tanpa sebab yang jelas (bukan tifus, malaria atau infeksi saluran nafas akut), dapat disertai keringat malam.

d.    Pembesaran kelenjar limfe yang tidak sakit, paling sering di daerah leher.

e.    Gejala-gejala pernafasan (batuk lama lebih dari 3 minggu, tanda cairan di dada, nyeri dada)

f.     Gejala pencernaan (diare yang tidak sembuh dengan pengobatan diare, benjolan/massa di badan)

 

2.    Gejala Spesifik

a.    Tergantung dari organ tubuh mana yang terkena, bila terjadi sumbatan sebagian bronkus (saluran yang menuju ke paru-paru) akibat penekanan kelenjar getah bening yang membesar, akan menimbulkan suara “mengi”, suara nafas melemah yang disertai sesak.

b.    Kalau ada cairan dirongga pleura (pembungkus paru-paru), dapat disertai dengan keluhan sakit dada.

c.    Bila mengenai tulang, maka akan terjadi gejala seperti infeksi tulang yang pada suatu saat dapat membentuk saluran dan bermuara pada kulit di atasnya, pada muara ini akan keluar cairan nanah.

d.    Pada anak-anak dapat mengenai otak (lapisan pembungkus otak) dan disebut sebagai meningitis (radang selaput otak), gejalanya adalah demam tinggi, adanya penurunan kesadaran dan kejang-kejang.

Ketika seorang anak sudah menderita TB aktif, maka seluruh anggota keluarga dan orang dewasa lain yang kontak dengan si anak harus diperiksa untuk mencari sumber penularan dan segera diobati, agar rantai penularan dapat dihentikan.

 

Oleh : dr. Novi Yunita, Sp.A

Untuk  informasi lebih lanjut silahkan menghubungi :

Customer Service RS Happy Land : 0274-550060 / 0274-550062


 

 
bottom

Happy Land Medical Centre 2009 Allright reserved | Admin | Contact us | Sitemap | Design by petakumpet and epinline Language:
OFFICE Jl. Ipda Tut Harsono No 53 Timoho, Yogyakarta
Telp. 0274-550060, 550058 Fax. 0274-550061 E-mail : mkthlmc@yahoo.com


Site Meter